Sunday, March 8

Aplikasi Engineering Handbook pada Android

Saat ini banyak dibuat aplikasi-aplikasi android yang memudahkan kehidupan kita. Aplikasi ini dapat membantu kita salah satunya dalam hal pekerjaan. Aplikasi kalkulator, translate, rumus-rumus matematika banyak terdapat di playstore yang bisa membantu kita dalam pekerjaan.

Berikut ini saya coba mengulas salah satu aplikasi engineering yaitu Engineering Handbook. Aplikasi ini lebih berhubungan dengan Mekanikal Engineering. Banyak yang bisa dilakukan oleh aplikasi ini antara lain mengetahui jenis dan klasifikasi material, pengukuran, perhitungan gear, menghitung kecepatan potong dan lain-lain. Berikut ini saya coba jabarkan penjelasannya. Sebelumnya, anda dapat mendownload Aplikasi tersebut disini.
Ketika anda membuka aplikasi ini, maka akan muncul tampilan seperti gambar :

Terdapat 5 index yang dapat anda gunakan pada aplikasi ini yaitu : Materials, Numbers, Mechanics, Engineering Components dan Metal Cutting Operations.

Berikut ini saya coba jelaskan kelima indeks tersebut :
1. Materials
Di index Materials, terdapat beberapa sub index :
-Classification and Categories : di sub index ini akan ditemui penggolongan dari jenis-jenis material yang sering digunakan dan juga turunannya. Material yang digolongkan yaitu : Steel, Iron, Non Ferrous Metal dan Plastics
-General Properties of Materials : di sub index ini terdapat menu dropdown dimana anda bisa memilih element material mana yang anda ingin ketahui properties (sifat-sifatnya) nya. Properties yang dapat diketahui adalah : Symbol kimia, berat jenis, titik lebur dan koefisiennya.
-Materials : terdapat tabel yang menjelaskan mengenai titik lebur, berat jenis, koefesien dan penyusutan beberapa material
-Indian Standard Angels : disitu anda dapat menghitung properties sebuah siku.

2. Numbers
Di index Numbers terdapat beberapa sub index :
-Mathematical Tables : di situ anda dapat melakukan kalkulasi dari lingkaran dan kubu, faktor prima dan bilangan logaritma
-Trigonometric Tables : anda dapat menghitung perhitungan trigonometri (ilmu ukur sudut) dan juga rumus Phytagoras (perhitungan area segitiga).
-Conversion from Inches to Milimeter : adalah alat hitung untuk melakukan konversi satuan
-Units of Physical Quantities : disitu dapat ditemukan tabel konversi untuk volume dan kapasitas, berat, waktu, sudut, gaya dan tenaga.
-Unit and Symbols : anda dapat menemukan satuan dan symbol untuk kuantitas, massa, waktu, tekanan dan gaya, suhu, panas, dan electrical.
-Measures and Weight : terdapat kalkulator untuk menghitung konversi dari berat ke unit yang lainnya

3. Mechanics
Ada dua index terdapat di dalamnya yaitu:
-Gear Drive : terdapat formula atau rumus untuk menghitung Spur gear drive, double gear train dan worm gear drive.
-Gear Dimension : disitu anda dapat mengetahui propertis dari sebuah gear dengan cara men tap pada gambar yang berlabel.

4. Engineering Components
Terdapat satu index didalamnya yaitu Holes and Shafts. Disitu anda dapat menghitung besaran toleransi dari sebuah lubang untuk shaft maupun sebaliknya.

5. Metal Cutting Operations
Ada lima sub index didalamnya yaitu :
-Folding Edging and Cold Bending :disana anda bisa melakukan perhitungan untuk melakukan pekerjaan lipat dan tekuk dari sebuah pelat
-Cutting Speed : disana anda dapat menghitung besaran rpm (revolution per minute) atau kecepatan putar dari sebuah mesin potong yang telah diketahui material potongnya (pisau cutternya), kekuatan tekanan mesin potongnya dan juga diameter dari bahan yang akan dipotong.
-Calculate the Machining Time : anda dapat melakukan perhitungan yang diperlukan pada mesin bor, mesin frais (milling) dan mesin bubut.
-Clearence between Die and Punch
-Cutting Force : anda dapat menghitung gaya potong yang diperlukan saat memotong sebuah pelat

Demikian ulasan dari Aplikasi Android Engineering Handbook, semoga bermanfaat dan anda #jadimengerti

Salam

Mungkin anda juga suka artikel lainnya :

No comments: