Thursday, March 5

Cara jitu memancing ikan di Sungai dan Danau

Memancing adalah salah satu hobi yang di sukai banyak orang. Hobi yang satu ini memang kadang tidak mengenal waktu. Pagi, siang dan malam selalu di lakoni para pemancing yang sudah mendarah daging akan hobinya itu. Tidak perduli dapur ngebul atau tidak, yang penting mancing jalan terus. hahaha...... 

Di sela waktu senggang, sudah pasti pemancing-pemancing mania akan selalu mencari spot-spot pemancingan yang baru. Padahal, banyak juga pemancing yang tidak menyukai makan ikan hasil pancingannya. Aneh juga ya...hehehe.

Memancing merupakan salah satu teknik untuk mengasah kesabaran. Dalam memancing juga diperlukan strategi agar ikan dapat memakan umpan yang ada di kail pancingan. Ketika strike, mungkin itulah kebahagiaan yang dirasakan oleh pemancing, rasa senang, rasa penasaran bercampur aduk jadi satu. Ketika ikan benar-benar di dapatkan, tak terbayangkan kebahagiaan yang dirasakan seorang pemancing. Dan saat itu pulalah yang ingin di ulangi terus. Mancing sudah seperti candu....

Nah, untuk para pemancing pemula, berikut ini yang perlu di ketahui cara jitu memancing ikan di beberapa spot yang mudah di temui di sekitar lingkungan rumah. Sungai, danau, genangan air, bahkan selokan pun terkadang bisa menjadi spot mancing. Namun yang akan saya bahas disini adalah cara jitu memancing di tempat yang biasa di temui, yaitu di sungai dan danau.

1. Memancing ikan di sungai/kali

Sungai adalah air yang mengalir. Jadi perlu dipahami terlebih dahulu karakter dari sungai tersebut, apakah deras alirannya, bagaimana kedalamannya dan jenis ikan apa saja yang biasanya terdapat di sungai tersebut. Dibutuhkan pemahaman penempatan lokasi pancing yang benar dan juga pergerakan pancing setelah di lempar. Saat terbawa arus air, karena bila kita tidak memahami hal itu, maka bukan ikan yang akan di dapatkan melainkan kail kita habis tersangkut dan umpan akan terbuang sia-sia saja tanpa ada ikan yang di dapatkan.

Tips memilih spot yang paling penting adalah dengan melihat aliran air. Ikan yang berbeda jenis memiliki kesukaan yang berbeda-beda untuk bertempat di sungai. 

Ikan Tawes lebih suka hidup dan berkelompok di sungai yang alirannya deras, tapi tidak terlalu deras. Dalam suatu kelompok ikan Tawes, biasanya ukuran besarnya hampir sama. Untuk memancing ikan Tawes, usahakan untuk memilih sungai yang aliran airnya bisa terlihat atau air terlihat jelas bergerak. Perhatikan juga tanaman di tepi sungai yang batangnya atau daunnya masuk ke air.
Ikan Tawes
Ikan Nila, biasanya hidup di sungai yang airnya lebih tenang dan banyak terdapat tumbuhan air atau tumbuhan darat yang masuk ke air. Ikan Nila juga suka berada pada aliran air yang agak memusar dengan gerakan lambat. Ikan Nila juga sering berada di tepian sungai.
Ikan Nila
Ikan Bloso atau Ketutu atau disebut juga Kembo, gemar berada di lokasi yang banyak lumpurnya dan juga lokasi yang agak dalam. Ikan ini biasanya suka membuat lubang di dalam sungai dan dalam musim kemarau tetap bisa bertahan di dalam lubang tersebut. 
Ikan Bloso
2. Memancing ikan di danau

Sebelum memancing di danau, yang harus di ketahui adalah karakteristik dari danau tersebut, apakah danaunya berpasir atau berlumpur. Hal ini yang akan membedakan teknik pemancingannya. Umumnya di danau banyak terdapat ikan Nila dan Ikan Mas.

Pada saat memancing di danau, pemasangan umpannya harus minimal 30 cm dari dasar danau, karena ikan Nila sering berpindah-pindah tempat. Batu yang berlumut merupakan spot yang bagus untuk memancing ikan Nila di danau. Tipsnya, cari batu yang berlumut di tepi danau lalu letakkan di daerah yang kiranya merupakan spot ikan Nila. Lalu gunakan juga umpan lumut untuk memancing ikan Nila dengan cara melempar pancing anda dekat dengan batu berlumut yang anda letakkan tadi.

Untuk mendapatkan ikan yang sesuai, harus di buat rangkaian kail yang sesuai yaitu dengan cara menempatkan 2 mata pancing di atas pemberat dan 2 mata pancing di bawah pemberat. Apabila diketahui dasar danaunya berpasir, maka umpan yang cocok adalah udang air tawar.

Demikian artikel singkat ini, semoga bermanfaat dan anda #jadimengerti

Salam

Disarikan dari berbagai sumber

Mungkin anda juga suka artikel lainnya :
Apakah air minum anda layak untuk di minum?
Aturan Penggunaan Lampu Rotator dan Sirine
Bantuan Hukum untuk Rakyat Miskin. Gratis..!!
Penjelasan ilmiah mengenai penyakit masuk angin, penyakit "sejuta umat"
Apakah perbedaan Jin, Setan dan Iblis?
Apa sih penyakit angin duduk itu?
Scan dokumen pakai ponsel Android
Jenis-jenis batu mulia yang sedang booming
Jual beli yang dilarang dalam islam
Aplikasi pengukur kecepatan "speed gun" pada android
Daftar perguruan tinggi beasiswa penuh dan ikatan dinas
Greenwich Mean Time (GMT) apakah itu?
Observatorium Mohr, Observatorium tertua di Jakarta
Aplikasi engineering Handbook pada Android
Kenali Binatang berbahaya di sekitar Kita
Apakah yang dimaksud dengan terapi pengobatan bekam?

No comments: